SENI RUPA
TERAPAN
KONSEP SENI RUPA TERAPAN
Berdasarkan wujudnya seni rupa dibagi menjadi
dua bagian, yaitu seni rupa dua dimensi (dwimatra) berupa bidang yang hanya
memiliki panjang dan lebar, dan seni rupa tiga dimensi (trimatra) memiliki
panjang, lebar, tinggi, atau memiliki ruang (volume).
Seni rupa murni merupakan seni rupa yang
dinikmati keindahannya saja. Sedangkan seni rupa murni selain dinikmati
keindahannya juga mempunyai fungsi pakai. Seni rupa terapan dibagi menjadi dua
bagian, yaitu kriya dan desain. Contoh seni kriya adalah kerajinan tangan
seperti ukiran, anyaman, keramik, topeng, serta tekstil. Contoh deisan seperti
ragam hias, produk interior, dan eksterior.
UNSUR SENI RUPA
·
Titik adalah
unsur paling sederhana.
·
Garis adalah
unsur yang terbuat dari rangkaian titik.
·
Bidang
adalah unsur rupa yang terjadi karena pertemuan dari beberapa garis.
·
Bentuk
adalah unsur rupa yang terbentuk karena
·
Warna
merupakan unsur rupa yg terbuat dari pigmen (zat wana). Warna dibagi menjadi
tiga yaitu warna primer, sekunder dan tersier. Primer atau warna dasar yaitu merah (magenta), kuning
(yellow), dan biru (cyan). Warna sekunder terbentuk dari dua warna. Warna
tersier terbentuk dari campuran primer dan sekunder.
·
Tekstur
merupakan nilai permukaan suatu benda (halus, kasar, licin, dan lainnya).
Tekstur nyata dan tekstur semu.
·
Gelap terang
merupakaan keadaan suatu bidang yang dibedakan dengan warna tua dan warna muda.
PRINSIP SENI RUPA
·
Kesatuan
(unity).
·
Keseimbangan
yaitu kesamaan bobot dari unsur karya.
·
Irama yaitu
penyusunan atau pengulangan unsur dalam seni rupa.
·
Keselarasan,
perpaduan warna (gradasi warna/monokromatis), analogus (lingkaran warna), dan
kolpementer lingkaran warna yang berbeda).
RAGAM SENI RUPA
·
Gambar
·
Lukisan
·
Grafis
·
Seni patung
·
Seni Kriya
·
Desain
GAMBAR
BENTUK
KONSEP GAMBAR BENTUK
·
Menggambar
merupakan pola kelakuan manusia yang melibatkan kemampuan penglihatan dan
kemahiran tangan.
·
Menggambar
bentuk merupakan kegiatan menggambar yang objeknya berupa bentuk benda.
·
Gambar
bentuk adalah gagasan bentuk yg diwujudkan diatas bidang gambar melalui titik,
garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang dengan memperhatikan
ketepatan bentuk dan perspektif, proporsi, dan komposisi sehingga menghasilkan
karya yg indah.
RAGAM BENTUK
·
Bentuk geometris
merupakan bentuk yang teratur (kubus, balok, piramid/limas, silinder, kerucut,
dan bola). Bentuk non-geometris merupakan bentuk yang tidak beraturan.
·
Bentuk
kubistis adalah bentuk benda yang menyerupai kubus
·
Bentuk
silindris adalah bentuk benda yang menyerupai silinder atau bulat.
·
Bentuk bebas
adalah benda yang bentuknya tidak beraturan.
PRINSIP MENGGAMBAR BENTUK
·
Perspektif
adalah prinsip dalam menggambar bentuk untuk mendapatkan kesan realis atau
nyata.
·
Proporsi
adalah perbandingan bagian per bagian atau bagian dgn keseluruhan.
·
Komposisi
adalah susunan atau letak objek gambar.
·
Gelap-terang
(half-tone).
·
Bayang-bayang
(shadow).
TEKNIK MENGGAMBAR BENTUK
·
Linear
merupakan cara menggambar dgn garis lurus atau lengkung.
·
Blok yaitu
gambar dengan satu warna saja.
·
Arsir adalah
cara menggambar dengan garis sejajare atau menyilang untuk menentukan gelap
terangya.
·
Dusel,
menggambar dengan pensil yang digoreskan dengan posisi miring.
·
Pointilis,
menggambar dgn cara dititik-titikkan.
·
Aquarel,
menggambar dgn cat air dgn sapuan tipis.
·
Plakat,
menggambar dgn cat poster dgn sapuan tebal.
MENGGAMBAR BENTUK
·
Pendekatan
model dan pendekatan tanpa model
·
Langkah
Menggambar Bentuk: pengamatan, sketsa, menentukan gelap terang, menentukan
teknik, dan sentuhan akhir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar